Ketuhanan yang Maha Esa sebagai Inti Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Ketuhanan yang Maha Esa sebagai kurikulum inti di Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di di SDIT Ad-Dakwah Cibadak dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, sebuah bentuk prosedur penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk wawancara dan perilaku yang dapat diamati orang (subjek) itu sendiri. Validitas data menggunakan perpanjangan partisipasi, pengamatan ketekunan, triangulasi, diskusi rekan, dan menggunakan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ketuhanan yang maha Esa sebagai inti kurikulum adalah model yang mengintegrasikan nilai-nilai Ketuhanan yang Maha Esa ke dalam struktur kurikulum sekolah (2) langkah-langkah untuk menerapkan kurikulum tersebut adalah melatih guru, menciptakan suasana keagamaan, mengintegrasikan nilai Ketuhanan yang Maha Esa ke dalam mata pelajaran umum, dan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ketuhanan yang Maha Esa sebagai kurikulum inti di SDIT Ad-Dakwah Cibadak adalah model yang mengintegrasikan nilai-nilai keimanan ke dalam kurikulum sejak struktur kurikulum sebagai ide, dokumen kurikulum, hingga implementasi kurikulum.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Authors who publish with Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal At-tadbir (JAT): Media Hukum dan Pendidikan.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Bogdan, R. C & Biklen, S.K. (1990). Qualitative research for education: An Introduction to theory and method. Boston: Allyn and Bacon, inc.
Darajat, Z. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Hermawan, R.A. (2018). [Makalah]. Kepala SDIT Ad-Dakwah dalam rangka open house bulan Februari 2018.
McMillan, J. H & Schumacher, S. (2001). Research in Education. Addison: Wesley Longman Inc
Al-Syaibani, O. M. T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Wawancara dengan Drs. Nurosyid, M.Si., M.Pd.I, Ketua Yayasan Pendidikan Ad-Dakwah Cibadak Kabupaten Sukabumi, tanggal 11 Juni 2019, jam 09.00 – 11.30.
Wawancara dengan Gunawan, SP., Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SDIT Ad-Dakwah Cibadak tanggal 22 Mei 2019, jam 10.30.