Klasifikasi Jamak Taksir dan Implementasinya dalam Penafsiran al-Qur’an

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Juhdi Rifa'i

Abstract

Sebuah keyakinan bahwa al-Qur‘an harus bisa ditafsirkan, dipahami, dan bisa diterapkan dalam kehidupan nyata belum seluruhnya sesuai dengan fakta dalam penafsiran. Ada redaksi kebahasaan dalam Al-Qur‘an yang belum sesuai dengan keyakinan tersebut yakni kajian tentang bentuk jamak taksir. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan klasifikasi jamak taksir serta aplikasinya dalam penafsiran al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan sifat penelitian yaitu deskriptif-analitik dan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui library research. Berdasarkan kajian, lafadz yang berbentuk jamak taksir di dalam al-Qur’an banyak sekali ditemukan, ditemukan 8 lafadz mufrad  yang mempunyai jenis qillah maupun katsrah-nya, lafadz-lafadz tersebut adalah: 1) نِعْمَةٌ, dijamakkan pada lafadz  أَنْعُمٌ dan نِـعَمٌ; 2) شَهْرٌ, dijamakkan pada lafadz أَشْهُرٌ dan شُهُوْرٌ ; 3) أَخٌ, dijamakkan pada lafadz إِخْوَةٌ dan إِخْوَانٌ; 4) فَتَى, dijamakkan pada lafadz فِتْيَةٌ dan فِتْيَانٌ ; 5) أَلْفٌ, dijamakkan pada lafadz آلاَفٌ dan أُلُوْفٌ ; 6) عَيْنٌ, dijamakkan pada lafadz أعْيُنٌ dan عُيُوْنٌ; 6) نَفْسٌ, dijamakkan pada lafadz أَنْفُسٌ dan نُفُوْسٌ ; 7) بَحْرٌ, dijamakkan pada lafadz أَبـْحُرٌ dan بِـحَارٌ. Berdasarkan hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa jenis lafadz  jamak taksir disebutkan sesuai dengan konteksnya masing-masing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rifa’i, J. (2020). Klasifikasi Jamak Taksir dan Implementasinya dalam Penafsiran al-Qur’an. Jurnal At-Tatbiq: Jurnal Ahwal Al-Syakhsiyyah , 5(1), 41-58. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/Attatbiq/article/view/53

References

Al-Abyary, I. I. (2000). al-Mawusu’ah al-Qur’aniyyah. Beirut: Dar at-Taqrib baina al-Madzahib al-Islamiyah.
Al-Alusy, S. M. (1995). Ruh al-Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim wa as-Sab’ al-Matsani. Beirut: Darul Kutub Ilmiah.
Al-Ashfahany, A. (1992). al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Dar al-Qalam.
Al-Baghdady, A. A. (1995). al-Lubab fi ‘Ilal al-Bina wa al-I’rab. Damaskus: Darul Fikr.
Al-Baihaqy, A. B. (1994). Ahkam al-Qur’an li as-Syafi’iy, Kairo: Maktabah al-Khanijy.
Al-Biqa’iy, I. U. (tt). Nadzm ad-Durar fi Tanasub al-Ayat wa as-Suwar. Kairo: Darul Kitab al-Islamy.
Al-Karmany, M. H. (tt). Ghara’ib at-Tafsir wa ‘Aja’ib at-Ta’wil. Berut: Yayasan Ulum al-Qur’an.
Dawud, M. (2008.). Mu’jam al-Furuq ad-Dalaliyyah fi al-Qur’an al-Karim. Kairo: Dar Gharib.
Fachrudin, A. (2017). Pengantar Sejarah dan Mazhab Linguistik Arab. Sidoarjo: CV. Lisan Arabi.
Gadamer, H. G. (2006). Truth and Mathod. New York: Continum Publishing Group.
al-Hanafy, A. B. (tt). al-Kulliyat : Mu’jam fi Mushthalahat wa al-Furuq al-Lughawiyah. Beirut: Yayasan ar-Risalah.
Hadi, S. (2001). Kamus Jamak Taksir. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
al-Qurthuby, A. A. M. (1964). al-Jami' li Ahkam al-Qur'an. Kairo: Dar al-Kutub al-Mishriyah.
as-Syaukany, M. A. (1993). Fath al-Qadir. Damaskus: Dar Ibn Katsir.
ats-Tsa’laby, A. I. (2002). al-Kasyf wa al-Bayan ‘an Tafsir al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya at-Turats al-‘Araby.
Khan, A. T. M. S. (1992). Fath al-Bayan fi Maqashid al-Qur’an, Beirut: Perpustakaan Modern.
Kurdi, dkk., (2010). Hermeneutika Al-Qur‘an dan Hadis. Yogyakarta: eLSAQ Press.
Mukhtar, A. (2008). Mu’jam al-Lughah al-‘Arabiyah al-Mu’ashirah. T.tp: ‘Alam al-Kutub.
Shihab, M. Q. (1994). Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan eran Wahyu Dalam Kehiduan Bermasyarakat. Bandung: Mizan.
------ , M. Q. (1996). Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
------ , M. Q. (2004). Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an). Jakarta: Lentera Hati.
Umar, A. M. (tt). Lughah al-Qur'an. Kuwait: Yayasan Kuwait untuk Kemajuan Ilmiah.
Utsman, A. F. (tt). al-Luma’ fi al-I’rab. Kuwait: Darul Kutub al-Tsaqafah, t. th.
Az-Zamakhsyary, A. Q. M. (1986). al-Kasysyaf ‘an Haqa’iq Ghawamidh at-Tanzil. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Araby.
Az-Zarkasyi, A. A. B. (1957). al-Burhan fi Ulum al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabiyah.
Az-Zuhaily, W. M. (1998). at-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa as-Syari.’ah wa al-Manhaj. Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’ashir.
Az-Zujaj, A. I. (1988) Ma’ani al-Qur’an wa I’rabuh. Beirut: ‘Alam al-‘Arab.
Zaenuddin, M. (2003). Jamak Taksir (Studi Analisis Perilaku Gramatikal dan Semantis Jamak Taksir dalam Al-Qur‘an). edisi Tesis, Jakarta: Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.