Sumber-Sumber Penafsiran Al-Qur’an

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aramdhan Kodrat Permana

Abstract

Tafsir sebagai upaya memahami kalam Allah dalam perjalanan sejarahnya hingga saat ini mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tidak lepas dari tiga sumber utama penafsiran al-Qur’an, yaitu al-Atsar, al-Ra’y dan al-Isyârah. Dengan pendekatan historis-normatif artikel ini membahas secara deskriptis-analitis-komprehensif tiga sumber tersebut. Alhasil, tiga sumber tafsir ini memaparkan sebuah informasi sejarah bahwa para mufassir dalam upaya mereka menafsirkan al-Qur’an berlindung pada informasi sejarah yang bersanad, dalil ‘akli dan juga makna-makna simbolik. Pada kategori yang pertama, kebenaran tafsir terletak pada kebenaran sumber yang didasarkan pada penafsiran al-Qur’an, nabi, sahabat, tabi’in, dan informasi histori lainnya, seperti israiliyyat. Di sisi lain penafsiran itu tidak dilihat cukup, karena terkesan kaku dan terbatas pada riwayat an sich. Sehingga terjadinya perkembangan ke arah tafsir bi al-Ray, yang menjadikan ilmu pengetahuan perihal al-Qur’an (mâ haul dan mâ fî al-Nash) sebagai landasannya. Terakhir, al-Isyarah menjadi sumber penafsiran terakhir yang mengembangkan loncatan penafsiran kepada sesuatu yang berada dalam jangkauan sebuah teks, go beyond the text, yang terkadang dekat dengan makna literalnya dan jauh dari makna literalnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kodrat Permana, A. (2020). Sumber-Sumber Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal At-Tatbiq: Jurnal Ahwal Al-Syakhsiyyah , 5(1), 73-103. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/Attatbiq/article/view/55

References

Al-Asqalani, I. H. (2011). Fathul Bārī, Terj. Amiruddin. Jakarta: Pustaka Azzam.
Bagir, H. (2015). Semesta Cinta. Jakarta Selatan: Mizan.
Fath, A. F. (2010). The Unity of The Qu’ran terj. Nasiruddin Abas. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Darraz. (1960), A. al-Naba’ al-‘Azhim. Mesir: Dar al-‘Urubah.
Al-Dzahabi, M. H. (2008). al-Tafsir wa al-Mufassirun. DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah.
Goldziher, I. M. (2009). Tafsir tej. Alaika Salamullaha. dkk.Yogyakarta: Elsaq Press.
Heer, N. (2002). Sufisme Persia Klasik, dari Permulaan hingga Rumi (700-1330) terj. Gafna Raizha Wahyudi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Sufi.
Khaldun, Ibnu. Mukaddimah.
Kodrat Permana, A. (2020). Nuansa Tasawuf dalam Surah al-Fatihah: Analisis Mafâtîh al-Ghaib Karya Fakhruddîn al-Râzî. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(01), 67-92. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/32
Al-Karim, K. A. (2002). Hegemoni Quraisy. Yogyakarta: LkiS.
Al-Khalidi, A. F. (tt) Ta’rif al-Darisin bi Manahij al-Mufassirin. Damaskus: Dar al-Qalam.
Al-Khulli. A. (1994). Al-Tafsir: Ma’alim Hayatihi wa manhajuh al-Yaum. T.tp.: Dar Mu’allimin.
Mattson, I. (2008). Ulumul Qur’an Zaman Kita: Pemahaman untuk Memahami Konteks, Kisah dan Sejarah al-Qur’an. Jakarta: Zaman.
Al-Makkî, A. T. (1991). Qût al-Qulûb. Kairo: Dâr al-Rasyâd.
Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LkiS.
Mustaqim, A. (2003). Madzahibut Tafsir: Peta Metodologi Penafsiran al-Qur’an dari Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: Nun Pustaka.
Al-Nîsâbûrî, G. (1926). Al-Qur’ân wa ragâib al-Furqân. Kairo: Mustafâ al-Bâbî al-Halabî.
Putra, H. S. A. (2006). Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.
Rahman, F. (2003). Islam terj. Ahsin Mohammad. Bandung: Pustaka.
Rahmat, J. (2012). Tafsir Sufi al-Fatihah. Bandung: Mizan.
Al-Râzî, F. (1981). Mafâtîh al-Ghaib. Beirut: Dâr al-Fikr.
Saeed, A. (2005). Interpretation the Qur’an. Newyork: Routledge.
Sand. K. Z. (tt). Sufi Commentaries on the Qur’an in Classical Islam. London: Routlege.
Shihab, Q. (2009). Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Stowasser, B. F. (1994). Women in the Qur’an: Traditions and Interpretation. New York: Oxford University Press.
Al-Tabarî, I. J. (1954). Jâmi’ al-Bayân fî ta’wîl al-Qur’ân. Mesir: Mustafâ al-Bâbi al-Halabî.
Al-Shiddieqy, M. H. (1954). Sejarah dan Pengantar ilmu al-Qur’an. Jakarta, Bulan Bintang,.
Yasin, M. (2010). Orientalis Menuduh Ulama Menjawab. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Yunus, M. (tt). ‘Ilm Musthalah al-Hadis. Jakarta: al-Maktabah al-Sa’adiyyah Putra.