Manajemen Sampah sebagai Wujud Penanggulangan Sampah Organik dan Anorganik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Nurul Fadlilah
Muktaf Aji Tajularifin
Alvina Qurani
Lala Siti Assalafiyah
smail smail
Encep Taufik Rahman

Abstract

Di Desa Bojongraharja Kedusunan Sedamukti, sampah masih menjadi permasalahan warga sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, banyak warga yang mengeluhkan sampah karena tidak adanya tempat pembuangan sampah khusus, sehingga sebagian warga membuang sampahnya di sungai dan sebagian lainnya membakar sampahnya. Kedua hal ini bukan solusi penanggulangan sampah yang baik, sehingga diperlukan penyuluhan terkait manajemen sampah, terlebih kedusunan sedamukti sedang membuat TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk menanggulangi permasalahan sampah warga. Konsep reduce, reuse dan recycle  pada pengelolaan TPS 3R dilakukan untuk mengurangi sampah sejak dari sumbernya pada skala komunal atau kawasan dan mengurangi beban sampah yang harus diolah secara langsung di TPA sampah. Pada kegiaan pengabdian ini kami melakukan sosialisai mengenai manajemen sampah. Dalam pelaksanaannya sosialisasi dilakukan kepada warga Bojongraharja Kedusunan Sedamukti di masjid saat pengajian rutinan, di Mts al-Fajariah dan di SMK Al-Fajariah. Dengan terlaksannya sosialisasi ini diharapkan warga dapat menyadari dampak negatif jika terus menerus membakar sampah atau membuang sampah ke sungai, maka masyarakat diharapkan selanjutnya dapat melakukan manajemen sampah yang lebih baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fadlilah, A. N., Tajularifin, M. A., Qurani, A., Assalafiyah, L. S., smail, smail, & Rahman, E. T. (2023). Manajemen Sampah sebagai Wujud Penanggulangan Sampah Organik dan Anorganik . AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-9. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/almufidah/article/view/224

References

Badan Standardisasi Nasional. (2022). Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Diakses pada 03 Agustus 2022 dari https://upstdlh.id/files/SNI_19-2454-2002.pdf.
Ernawaty. (n.d.). Manajemen Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian FISIP Universitas Riau, 359-378.
Hadiwiyoto, S. (1983). Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: Yayasan Idayu.
Hartoyo, D. S. (2017). Petunjuk Teknis TPS 3R Tempat Pengelolaan Sampah 3R. Jakarta: Kementrian Pekerjaan umum dan perumahan rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya.
Junaidi & Utama, Abdul Alimun . (2023). Analisis Pengelolaan Sampah Dengan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) (Studi Kasus Di Desa Mamak Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 7 (1). 706-713.
Kurniawan. (2005). Pengantar Manajemen, Jakarta: Prenada Media.
Maharja, Rizky., Latief, Ade Wira Lisrianti., Bahar, Sri Novianti., Gani, Helmy., Rahmansyah, Sitti Fatimah. (2022). Pengenalan Pengolahan Sampah Berbasis 3R pada Masyarakat Pedesaan sebagai Upaya Pengurangan Timbulan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Abdimas Berdaya, 5 (01). 62-71.
Manik, K. (2003). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan.
Sujarwo, M., Widyaningsih, M., & Tristanti, M. (2014). Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Tisnawati Sule, Erni & Saefullah. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.