Penerapan Metode Iqra bil Qolam pada Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Akmal Maulana Haekal
Muhammad Ramadhan
Ajeng Putri Sofia Anggun
Siti Patimah
Siti Almaidah
Eli Susilawati
Hilyas Hibatullah Abdul Kudus

Abstract

Al-Qur’an adalah Firman Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi pedoman hidup bagi manusia. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai  pedoman hidup bagi manusia. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam  yang  berisi petunjuk dan tuntunan komprehensif guna mengatur kehidupan di dunia dan akhirat, maka  pendidikan Al-Qur’an  khususnya dalam  hal  kemampuan membaca Al-Qur’an dibutuhkan adanya metode yang dapat  membantu peserta didik untuk lebih mudah meningkatkan  pemahaman membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode yang tepat akan mampu mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan  mudah, efektif  dan dapat dicerna dengan baik.


Rumusan masalah dari penelitian ini 1) Bagaimana menerapkan metode Iqro  Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja?, 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Iqro Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan  membaca Al-Qur’an pada kalangan remaja?, dan 3) Bagaimana usaha dalam  meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam menggunakan metode Iqro Bil Qolam pada kalangan remaja?


Pendekatan peneliti yang digunakan adalah pendekatan deskriptif  kualitatif  dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi , interview, dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitii  menggunakan analisis deskriptif kualitatif  yang  menggambarkan, mempresentasikan serta manafsirkan tentang  hasil  penelitian  secara detail. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di  simpulkan  Bahwa 1)Pelaksanaan metode Iqro Bil Qolam  di bagi menjadi dua claster. Yaitu claster tarqiq dan claster tartil. Materi claster tarqiq yaitu memperdalam  tentang artikulasi (pengucapan), makhorijul hutuf, tajwid dan juga lagu-lagu tartil yang memudahkan artikulasi. Materi yang di pelajari dalam claster tarqiq adalah bacaan juz’ 19, surat An-Naml, untuk claster tartil yaitu memperdalam  tentang artikulasi (pengucapan) , makhorijul  huruf  huruf, tajwid dan juga lagu-lagu  tartil yang memudahkan artikulasi. Materi yang di pelajari dalam claster tartil adalah pembelajaran juz 19 dengan pengucapan, makhorijul huruf huruf,dan tajwid dengan baik dan benar.


Kemudian metode Bil Qolam menggunakan teknik talqin- taqlid (menirukan) dan bersifat (Teacher centris) 2) Beberapa faktor pendukung Metode Bil Qolam yaitu  berkaitan dengan pengajar, sarana prasarana, metode Iqro Bil Qolam itu sendiri dan Wali santri . Untuk faktor penghambat Metode Bil Qolam terhadap kalangan remaja adalah dari santri itu sendiri. 3) Usaha-usaha dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro Bil Qolam pada kalangan remaja di desa Cibatu.


Hasil akhir peneliti menunjukkan tentang pemahaman santri remaja dalam membaca Al-Qur’an sebelum menggunakan metode Iqro Bil Qolam hingga menggunakan metode Iqro Bil Qolam dikatakan berhasil (meningkat).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Haekal, A. M., Ramadhan, M., Anggun, A. P. S., Patimah, S., Almaidah, S., Susilawati, E., & Abdul Kudus, H. H. (2023). Penerapan Metode Iqra bil Qolam pada Peserta Didik . AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16-22. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/almufidah/article/view/225

References

As-Shalih, Subhi. (1993). Membahas Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Farihah, Ummi Hani’. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al Qur’an Indah dengan Metode Tilawati. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8 (1). 69-84.
Farzain. (2012). Al-Qur’an Bil Qolam. Klaten : Sahabat.
Izzan, Ahmad. (2013). Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Al-Qu’ran. Bandung: Tafakur.
Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, Ahmad Sudarsono. (1994). Ilmu Tajwid dan Seni Baca al-Qur’an. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Observasi langsung maupun penerapan kepada yang terkait oleh peserta KKN STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.
Selvia Noviana, Wahyudi, Wahyudi,. Pramudya, Febi Indra., Luiroh, Luluk., Iswanto, Eko Hadi., Sa’diyah, Elviatus & Karamoy, Yurike Kinanthy. (2023). Penerapan Metode Iqro’ bil Qolam Di MushollaAn-Nuriyah dan Baitul Muttaqin Desa Kasiyan Timur. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 7 (1). 77-84.
Tim Penyusun. (2010). Konsep dan Panduan Teknis Penulisan Qur an Tulis Iqro’ Bil Qolam. Jakarta : Laboratorium Tarbiyatul Alamiin.
Zuhdi, Masjfuk. (1997). Pengantar Ulumul Qur’an. SueBy: Karya Abditama.