Peranan Mahasiswa Kuliah Kerja Nayata dalam Meningkatkan Aktifitas Unprofessional Tenaga Pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gina Khoirun
Muchtar Zulhilmi
Malik Malik
Mohamad Rifki
Suci Sukmawati
Syifa Madani
Liah Siti Syarifah

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan aktifitas berbasis pemberdayaan masyarakat dan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan tri dharma dalam perguruan tinggi khususnya pada aspek pengabdian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Mahasiswa KKN dalam bidang pendidikan sebagai wujud pengabdian masyarakat. Metode pengabdian yang digunakan yaitu bimbingan belajar dengan harapan bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan membantu memberikan pemahaman peserta didik mengenai pelajaran. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan bimbingan mengajar tatap muka sebagai bentuk pemberdayaan pendidikan. Melalui pendidikan diharapkan nilai-nilai kemanusiaan bukan sekadar diwariskan melainkan menginternalisasi dalam watak dan kepribadian. Upaya Pendidikan melalui internalisasi nilai-nilai kemanusiaan menuntun untuk memperlakukan manusia sebagaimana mestinya, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan manusia. Hasilnya menunjukan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan aktifitas unprofesionalitas manajemen tenaga pendidikan melalui  pendampingan belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khoirun, G., Zulhilmi, M., Malik, M., Rifki, M., Sukmawati , S., Madani, S., & Syarifah, L. S. (2023). Peranan Mahasiswa Kuliah Kerja Nayata dalam Meningkatkan Aktifitas Unprofessional Tenaga Pendidikan . AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 32-39. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/almufidah/article/view/228

References

Butcher, J. (2007). Human Resource Management: Managerial Efficacy In Recruiting And Retaining Teachers–Nasional Implications William Allan Kritsonis, PhD PhD Program In Educational Leadership College Of Education And Professional Studies.
Chan, T., & yuen, M. (2015). Inclusive Education In International School : A Case Study From Hongkong. International Journal of Special Education, 30(3), 86-97.
Cobanoglu, F., Sertel, G., & Sarkaya, S. S. (2018). Human Resource Management Practices In Turkish Education System (Denizli Case). European Journal of Educational Research, 7(4). 833-847.
Everard, K.B., Morris, G., & Wilson, I. (2004). Effective School Management (4th ed.). Great Britain: Paul Chapman Publishing.
Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Neolaka, Amos & Neolaka, A. Amialia Grace. (2017). Landasan Pendidikan. Depok. Kencana.
Ruyatnasih, Yaya dan Megawati, Liya. (2018). Pengantar Manajemen: Teori, Fungsi dan Kasus. Yogyakarta: CV. Absolute Media.
Sabariah, Sabariah. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122.
Susanti, Wilda, Jeffrit Kalprianus Ismail, Rasinus, Ivo Sastri Rukua, John Jonathan Nap, Endi Rochaendi, Khairunnisa, dkk. (2022). Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Teguh, Triwiyanto. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.