Edukasi Pentingnya Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marwan Muhammad S
M Ihya Ulumudin
Cindy Puspa Dewi
Fenlandia Connia alDuro
Muhammad Akbar
M Saiful Karim
Fenty Setiawati

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan semakin banyak anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Tujuan BIAN adalah mencapai dan mempertahankan kekebalan penduduk yang tinggi dan merata sebagai upaya pencegahan terjadinya wabah PD3I. Sasaran kegiatan BIAN di Buluspesantren sebanyak 572 anak. Metode yang digunakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan membentuk kelompok kerja. Hasil kegiatan BIAN mencakup 372 anak dengan persentase 87%. Cakupan ini belum memenuhi target nasional sebesar 95% untuk tambahan imunisasi campak-rubela. Hasil dari kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pencapaian eliminasi Campak dan Rubella melalui kegiatan pemberian imunisasi tambahan secara bertahap pada anak usia 9 bulan-59 bulan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad S, M., Ulumudin, M. I., Dewi, C. P., alDuro, F. C., Akbar, M., Karim , M. S., & Setiawati, F. (2023). Edukasi Pentingnya Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) . AL-MUFIDAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 40-51. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/almufidah/article/view/230

References

Beaglehole and Bonita. (1993). Basic Epidemiology. World Health Organization.
Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan.
Effendi, Nasrul. (1997). Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Effendi, Nasrul (1995). Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12763 Tahun 2021 tentang Panduan Operasional Upaya Kesehatan di Posyandu dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1113 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi;
Theodorson, George A, & Theodorson, Achilles G. (1969). A Modern Dictionary of Sociology. Methuen.
Warassih, Esmi, (2011). Pranata Hukum Sebuah Telaah Sosiologis Cetakan II. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Warassih, Esmi. (2022). Konstruksi Hukum: Dalam Perspektif Spiritual, Pluralistik. Semarang: Thafa Media.