Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Didin Muhidin
Hilyas Hibatullah Abdul Kudus

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini merupakan salah satu langkah untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang tentunya akan berimbas pula pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X-2 Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Yayasan Ahmad Djuwaeni Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian mengacu pada teori PTK menurut model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil dari penelitian ini adalah meningkat pada setiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus I yaitu 62 dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus II yaitu 68 terlihat adanya peningkatan sebesar 6. Begitu juga dengan melihat nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus III yaitu 79 terjadi peningkatan sebesar 7. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.2 MAS YAD Kota Sukabumi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhidin, D., & Abdul Kudus, H. H. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(2), 106-114. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i2.146

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: BSNP.
Crane dan Winterbottom. (2008). Plants and photosynthesis: peer assesment to help students learn. Journal of Biologycal Education, 42 (4), 150-156.
Hendriana, Heris. E.E. Rohaeti, U. Sumarno. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kemmis & MC Taggart. (1998). The Action Research Planner. Dekan University.
Mulyono Abdurrahman. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayoga, Muhammad Fery., Safitri, Desi., Fahmi, Fauzi & Damanik, Muhammad Hayyanul. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Motivasi Belajar Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6 (2).1-8
Robert, E. Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sukoriyanto. 2001. Langkah-langkah dalam Pengajaran Matematika dengan Menggunakan Penyelesaian Masalah. Dalam Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Malang : JICA.
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zakaria, Effendi. (2007). Tren Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Utusan Publication dan Distributor SDN BHD.