Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Kontekstual

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mulyawan Safwandy Nugraha
Ai Rohayani

Abstract

Pengembangan strategi dan pendekatan dalam proses pembelajaran fiqih di madrasah aliyah melalui pendekatan kontekstual diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif hingga menumbuhkan semangat dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengelolaan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran fiqih oleh Guru Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA Persis 68 Warudoyong Kota Sukabumi. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan melalui teknik observasi dan wawancara kepada guru fiqh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran telah ditempuh dengan persiapan yang telah baik, di antaranya dengan merumuskan dengan lengkap komponen: tujuan, materi, strategi, metode, teknik, taktik, pengembangan silabus dan persiapan pembelajaran; Pengelolaan pembelajaran telah sesuai dengan penerapan/implementasi pendekatan kontekstual yaitu melalui tahapan constructivism (konstruksivisme), inquiry (menemukan), questioning (bertanya), learning community (masyarakat belajar), modeling (permodelan), reflection (refleksi), dan authentic assessment (penilaian sebenarnya); Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian berbasis kelas. Hal ini sesuai dengan tuntutan pelaksanaan Kurikulum 2013.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Safwandy Nugraha, M., & Rohayani, A. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(01), 17-36. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/29

References

Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21093/DI.V11I1.49
Akbar, R. F. (2015). Metode Contextual Teaching and Learning untuk Pengembangan Pembelajaran PAI. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211–228. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.792
Elaine B Jhonson. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.
Fitria Wijaya, Y. (2015). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tunarungu Di Slb B/C. MODELING: Jurnal Prodi PGMI, 2(1), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v2i1.44
Marimba, A. D. (1986). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al Ma’arif.
Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Romlah. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Di SMP Kota Malang. Progresiva, 4(1), 1–20.
Sumiati, & Asra. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacaa Prima.
Winarti, W. (2016). Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1.
Zayadi, A., & Majid, A. (2004). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Rajawali Press.