Analisis Implementasi Pendidikan Islam Wasathiyah dalam Mengembangkan Pemikiran Holistik Mahasiswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

U Kusoy Anwarudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami implementasi pendidikan Islam wasathiyah dalam mengembangkan pemikiran holistik mahasiswa Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di STAI Syamsul Ulum Sukabumi selama dua bulan. Data diperoleh dari hasil indept interview dengan key informant ketua umum yayasan, para ketua bidang, para ketua jurusan, dosen dan mahasiswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah; data reduction, data display, dan conclution/ verification di dukung studi teoritis. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Pengelolaan pendidikan Islam wasathiyah telah menjadi kebijakan yayasan dan efektif membangun pemikiran mahasiswa yang maderasi, menghargai pendapat orang lain, berkeadilan, toleran, rasional dan berakhlak mulia; (2) Strategi pendidikan dibagi dua yaitu internal dan eksternal kampus; (3) peran kiayi dan dosen belum optimal dalam pemanfaatan teknologi informasi sesuai kebutuhan; (4) untuk meningkatkan proses dan output pendidikan diperlukan peningkatan fasilitas, dan komitmen para kiayi dan dosen untuk meningkatkan kemampuhan pemanfaatan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan daya saing pendidikan dan tantangan era globalisasi saat ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Anwarudin, U. K. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Islam Wasathiyah dalam Mengembangkan Pemikiran Holistik Mahasiswa. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 1-15. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/60

References

Ar-Razi, A. A. M. F. (1993). Tafsir Fakhrurrazi al-Musytahar bi at-Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib. Vol 1: Beirut: Dar al-Fikr.
Arifin, H.M. (2003). Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Z. (2005). Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.
Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
Muhyidin, & Sutrisno. (2012). Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis, N. H. (2011). Sejarah Perkembangan Islam di Jawa Barat, Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Ramayulis. (2012). Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi SAW sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia
Sanusi, A. (2017). Sistem Nilai, Alternatif Wajah-Wajah Pendidikan, Bandung; Nuansa.
Tafsir, (A). (1991). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yasid, A. (2010). Membangun Islam Tengah, Refleksi Dua Dekade Ma’had Aly Situbondo, Yogyakarta.