Ketuhanan yang Maha Esa sebagai Inti Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gilang Syahril Akbar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Ketuhanan yang Maha Esa sebagai kurikulum inti di Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di di SDIT Ad-Dakwah Cibadak dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, sebuah bentuk prosedur penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk wawancara dan perilaku yang dapat diamati orang (subjek) itu sendiri. Validitas data menggunakan perpanjangan partisipasi, pengamatan ketekunan, triangulasi, diskusi rekan, dan menggunakan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ketuhanan yang maha Esa sebagai inti kurikulum adalah model yang mengintegrasikan nilai-nilai Ketuhanan yang Maha Esa ke dalam struktur kurikulum sekolah (2) langkah-langkah untuk menerapkan kurikulum tersebut adalah melatih guru, menciptakan suasana keagamaan, mengintegrasikan nilai Ketuhanan yang Maha Esa ke dalam mata pelajaran umum, dan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ketuhanan yang Maha Esa sebagai kurikulum inti di SDIT Ad-Dakwah Cibadak adalah model yang mengintegrasikan nilai-nilai keimanan ke dalam kurikulum sejak struktur kurikulum sebagai ide, dokumen kurikulum, hingga implementasi kurikulum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akbar, G. S. (2020). Ketuhanan yang Maha Esa sebagai Inti Kurikulum di Sekolah Dasar Islam Terpadu . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 41-58. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/61

References

Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Bogdan, R. C & Biklen, S.K. (1990). Qualitative research for education: An Introduction to theory and method. Boston: Allyn and Bacon, inc.
Darajat, Z. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Hermawan, R.A. (2018). [Makalah]. Kepala SDIT Ad-Dakwah dalam rangka open house bulan Februari 2018.
McMillan, J. H & Schumacher, S. (2001). Research in Education. Addison: Wesley Longman Inc
Al-Syaibani, O. M. T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Wawancara dengan Drs. Nurosyid, M.Si., M.Pd.I, Ketua Yayasan Pendidikan Ad-Dakwah Cibadak Kabupaten Sukabumi, tanggal 11 Juni 2019, jam 09.00 – 11.30.
Wawancara dengan Gunawan, SP., Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SDIT Ad-Dakwah Cibadak tanggal 22 Mei 2019, jam 10.30.