Integrasi Nilai Anti Korupsi dalam Kurikulum Sekolah dengan Pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andhika Wirabhakti

Abstract

Strategi anti korupsi merupakan hal penting dalam membangun keberhasilan suatu lembaga kependidikan. Tujuan penelitian ini membahas integrasi nilai anti korupsi dalam kurikulum sekolah dengan pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu itu dengan cara mengumpulkan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Berdasarkan kajian ditemukan bahwa strategi anti korupsi dengan pendekatan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dapat dilihat dari keberhasilan KPK dalam mencegah dan menindak tegas tanpa pandang bulu para koruptor yang ada di wilayah Negara di Indonesia. Adapun pengintegrasian nilai-nilai anti-korupsi dalam kurikulum sekolah diupayakan dengan menanamkan nilai-nilai anti korupsi di sekolah dengan beberapa alternatif model yang bisa digunakan yaitu model sebagai mata pelajaran tersendiri, model terintegrasi dalam semua mata pelajaran, model di luar pembelajaran, model pembudayaan dan pembiasaan nilai dalam seluruh aktivitas dan suasana sekolah dan terakhir model gabungan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wirabhakti, A. (2020). Integrasi Nilai Anti Korupsi dalam Kurikulum Sekolah dengan Pendekatan Komisi Pemberantasan Korupsi . Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 60-70. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/62

References

Abdurrohim. (2007). Analisis Wacana Pendidikan Anti Korupsi (http://stishidayatullah.ac.id. Diakses 21 Mei 2012).
Ahmad, Z. (2018). Strategi Anti Korupsi Melalui Pendekatan Pendidikan Formal dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi): Journal Of Development and Social Change, 1 (2), 179-188.
Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farisi, M. I. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Artikel disampaikan pada Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa” HEPI UNESA 2012.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
KPK.( 2016). Capaian dan Kinerja KPK di Tahun 2016, di http://kpk.go.id/id/berita/siaran- pers/3832-capaian-dan-kinerja-kpk-di-tahun-2016 diakses 5-4-2018.
Laporan KPK Lamar http://kpk.go.id/id. Jakarta. 9 Januari 2017.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar Dan Praktik. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sapon, S.(2018). Pendidikan Anti Korupsi. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta.
Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim KPK. (2007). KPK Annual Report 2007. Jakarta: KPK
Tim KPK. Tanpa tahun. Pahami Dulu Baru Lawan Buku Panduan Kamu Buat Ngelawan Korupsi. Jakarta: KPK
Tim MCW. (2005). Seri Pendidikan Anti Korupsi Mengerti dan Melawan Korupsi. Jakarta: Kerjasama YAPPIKA dan MCW.