Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mutiara Cendekia Sandyakala

Abstract

Kehadiran lembaga pendidikan sebagai pilihan alternatif untuk peserta didik diharapkan untuk lebih meningkatkan citra atau image positifnya melalui public relations. Masalah yang muncul adalah peran dan fungsi seorang praktisi public relations dirasakan tidak cukup berperan penting sehingga tidak banyak lembaga pendidikan yang mendirikan departemen tersendiri untuk departemen hubungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran public relations dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Kemudian data danalisis dengan teknik analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil dari berbagai telaah literatur digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis megenai peran public relation dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. Berdasarkan kajian ditemukan bahwa public relations berperan dan bertugas untuk mewakili keberadaan dan citra lembaga pendidikan, selain untuk mengatasi semua bentuk masalah yang terkait dengan hubungan masyarakat. Untuk mendapatkan citra yang baik diperlukan strategi yaitu salah satunya adalah meningkatkan hubungan yang baik dengan semua pihak yang dalam hal ini diwakili oleh public relations. Mengingat pentingnya peran public relations dalam meningkatkan citra lembaga maka sudah sepatutnya bahwa kehadirannya sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Cendekia Sandyakala, M. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 71-84. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/63

References

Andyretno. (2009). Maksimalkan Fungsi Humas dalam Lembaga Pendidikan Diakses dari http://andyretno.wordpress.com/2009/01/06/memaksimalkan-fungsi-humas-dalam-dunia-pendidikan/. pada 12 Mei 2020.
Effendy, O. U. (2002). Hubungan Masyarakat Suatu Studi komunikologis . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kasali, R. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama.
Nasution, Z. (2006). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang; UMM Pers
Rumanti, M. A. (2001). Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grasindo.
Ruslan, R. (2010). Manajemen. Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sinatra, L & Darmastuti, R. (2008). Kajian Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah. Jurnal SCRIPTURA, 2 (2).
Oktavianingsis, T. (2012). Peran Humas Lembaga Negara dalam Menjaga Reputasi Organisasi. Jakarta. Universitas Indonesia.