Pengaruh Perencanaan dan Koordinasi terhadap Efektivitas Kerja Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hilyas Hibatullah Abdul Kudus

Abstract

Di Madrasah Tsanawiyah Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi terjadi masalah-masalah yang diduga berpangkal karena perencanaan dan koordinasi yang kurang tepat. Di sisi lain, hasil observasi menunjukkan bahwa efektivitas kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan masalah  tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan dan koordinasi terhadap efektivitas kerja guru. Adapaun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial melalui analisis regresi. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai F hitung adalah 3,5785 sedangkan F tabel adalah 2,3696 dengan demikian F hitung > F tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang yang positif dan signifikan dari perencanaan dan koordinasi terhadap efektivitas kerja guru di MTs Syamsul Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Maka dari itu, diperlukan perencanaan yang jelas dan koordinasi yang tegas tanpa adanya pilih kasih atau pembedaan berdasarkan kekeluargaan atau kedekatan. Hal inilah yang dapat menumbuhkan Efektivitas Kerja Guru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Abdul Kudus, H. H. (2021). Pengaruh Perencanaan dan Koordinasi terhadap Efektivitas Kerja Guru . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 26-41. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/112

References

Abdul Kudus , H. H. (2019). Peranan Tenaga Pendidik Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 14-27.

Amirullah dan Budiyono, Haris. (2004). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Handoko, Hani T. (2003). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hidayat, Kosadi. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Bandung.

James AF Stoner and R. Edward Freeman. (1989). Management. Fourth Edition. Englewood Cliffs: Prentice Hall International, Inc.

Lembaga Administrasi Negara RI. (2001). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jilid I dan II, Cetakan XII. Jakarta: CV Haji Masagung.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pengajaran. Bandung: Alfabeta.

Rahyasih, Yayah., Hartini, Nani & Syarifah, Liah Siti. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1), 136- 144.