Pergeseran Perilaku Peserta didik di Era Globalisasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dedi Junaedi

Abstract

Pengaruh Globalisasi sangat terasa di berbagai aspek kehidupan. Globalisasi bisa berpengaruh positif ataupun negatif, tetapi realitasnya arus globalisasi ini hampir-hampir menggerus nilai-nilai positif yang dimiliki oleh setiap elemen masyarakat, terutama di kalangan remaja usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pergeseran perilaku peserta didik di era globalisasi terutama peserta didik lulusan sekolah Islam dan untuk mengetahui faktor utama bergesernya perilaku peserta didik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan subyek penelitian adalah peserta didik yang berdomisili di salah satu Desa di Kab. Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku peserta didik telah terjadi pergeseran ke arah negatif, misalnya membolos sekolah, melawan kepada orang tua, berpacaran, bahkan terjerat pada minuman keras dan narkoba. Pergeseran perilaku peserta didik ini diakibatkan oleh beberapa faktor, lemahnya peran orang tua baik dalam memantau perkembangan serta aktifitas anaknya sehari-hari, lingkungan sosial peserta didik bergeser dari lingkungan nyata menjadi lingkungan digital, minimnya pembiasaan kegiatan Islami di sekolah, padahal kegiatan Islami ini dapat membantu menguatkan pondasi aqidah dan karakter islami peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Junaedi, D. (2021). Pergeseran Perilaku Peserta didik di Era Globalisasi. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 53-63. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/114

References

Danim, Sudarwan. (2006). Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Peserta didik.

Goode, Willian J. (2007). Sosiologi keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismatullah, Nur Hasanah. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta didik. Tarbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 01, (1), 59-73.

Kartono, Kartini. (1992). Patologi Sosial 2: KenakalanRremaja. Jakarta: Rajawali.

Kurtz, Lester. (1995). Gods in the Global Village. California: Pine Force Press California.

Moleong, Lexy. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Madjid, Nurcholish. (2004). Indonesia Kita. Jakarta: Universitas Paramadina.

. (2004). Indonesia Kita. Jakarta: Universitas Paramadina.

Sztompka, Piötr. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Terj. Alimandan dari “The Sociology of Social Change”. Jakarta: Prenada.

Tafsir, Ahmad. (2005). Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wallace., F. C. (1966). Religion: An Anthropological View. New York: Random House.