Pengaruh Pemerolehan Bahasa Kedua dan Motivasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Peseta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nuur Alfi Laelah

Abstract

Pemerolehan bahasa kedua dan motivasi membaca memiliki peranan penting untuk membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun bahasa kedua yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh yang diberikan dari pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua dan motivasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pelajar suku Sunda di Sukabumi. Sampel keseluruhan sebanyak 198 siswa. Pengambilan sampel dilakukan mengunakan nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen pemerolehan bahasa kedua yang diadaptasi dari LEAP-Q, instrumen motivasi membaca yang diadaptasi dari instrument baku MRQ (Motivation of Reading Questionnire), serta instrumen prestasi belajar Bahasa Indonesia yang diambil dari nilai UAS siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari pemerolehan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua dan motivasi membaca terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada pelajar suku Sunda di Sukabumi. Adapun, hasil dari koefisien regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari pemerolehan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Laelah, N. A. (2019). Pengaruh Pemerolehan Bahasa Kedua dan Motivasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Peseta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 44-58. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/26