Edublogs sebagai Media untuk Meningkatkan Interaksi dalam Proses Pembelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jasmansyah

Abstract

Weblog atau Edublog teknologi web 2.0 adalah salah satu media yang memiliki potensi untuk menambah dan mendorong keterlibatan dan inspirasi peserta didik. Teknologi abad 21 ini diperlukan dalam pembelajaran seiring dengan pesatnya perkembangan TIK di era disrupsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Edublogs dalam meningkatkan interaksi dalam proses pembelajaran Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Untuk menganalis data digunakan teknik analisis deskriptif sehingga didapat gambaran dan keterangan yang jelas, objektif, sistematis, analitis dan kritis mengenai nilai-nilai penerapan Edublogs sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa pemanfaatan weblog (www.edublogs.org) sebagai media pembelajaran telah meningkatkan interaksi dalam kegiatan belajaran mengajar antara guru dan siswa. Selain itu, Edublog sangat membantu dalam pembelajaran kolaboratif, dapat mengkonstruksi pengetahuan baru, serta memperluas keterampilan yang membantu para guru dan siswa dalam mengembangkan profesinya. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Edublog memiliki banyak kegunaan dalam pendidikan yang dapat manfaatkan oleh para guru dalam proses pembelajaran dan dalam sistem pendidikan keseluruhan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jasmansyah. (2020). Edublogs sebagai Media untuk Meningkatkan Interaksi dalam Proses Pembelajaran. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/68

References

Agrawaland, A. K & Mittal, G. K. (2018) The Role of ICT in Higher Education for the 21st Century: ICT as A Change Agent for Education, https://webcache. googleusercontent.com/ search?q=cache:tg4Yxdx4YN8J:https://pdfs.semanticscholar.org/ 477b/db4337b5c997b54a66529861633c03c737ad.pdf+&cd=10&hl=en&ct=clnk&gl=id, Diakases pada 10 Oktober 2020.
Blackmore, S. (2010) An Investigation into the Use of a Blog as a Tool to Improve Writing in the Second Language Classroom, https://www.asian-efl-journal.com.
Borysiuk, A. (2013). Benefits and disadvantages of the Use of information Technologies in Education. National University of Life and Environmental Sciences, Kiev, Ukraine.
Dellit, J. (tt) Using ICT for Quality in Teaching-Learning: Evaluation Processes, terdapat dalam : http://www.ictliteracy.info/rf.pdf/UsingICTQuality.pdf. diakses 10 Oktober 2020.
Hadi, S. (1995). Statistik II. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Jasmansyah (2019). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI, terdapat dalam http://digilib.uinsgd.ac.id/28708/4/04_Bab%20I.pdf, diakses 10 Oktober 2020.
Kilic, E & Gokdas, I. (2014). Learning through Blogging: Use of Blogs to Enhance the Perceived Learning of Pre-service ICT Teachers. Educational Sciences: Theory & Practice, 14 (3). 1169-1177
Moonen, J. & Kommers, P. (1995), Implementatie van Communicatie- en Informatietechnologie in het onderwijs, Enschede: OCTO, University of Twente.
Pilot, A. (1998), De student als junior medewerker, Utrecht: IVLOS, University of Utrecht
Rusman, Kurniawan, D & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Rajawali Press
SER (1997), ICT en arbeid: advies informatie- en communicatie technologie en arbeid, Den Haag: SER Sociaal-Economische Raad.
Suratman, A., Rakhmasari, R & Apyaman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran berbasis TIK terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, 5 (1), 41-50.
Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-14-tahun-2005-ttg-guru-dan-dosen.pdf.