Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Acep Rido
Hilyas Hibatullah

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu pembelajaran misalnya upaya guru dalam mengelola pembelajaran dan menerapkan kedisiplinan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya manajemen pembelajaran dan kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA) Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan studi dokumentasi, literatur, observasi wawancara mendalam (indepth interview) dengan unsur pimpinan sekolah. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari miles & Hubberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Manajemen pembelajaran dan penerapan kedisiplinan telah meningkatkan prestasi belajar peserta didik, manajemen pembelajaran dilakukan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi, sedangkan penerapan kedisiplinan dalam belajar yaitu dengan membuat kontrak belajar dengan peserta didik, memberikan keteladanan kepada peserta didik, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan sebagainya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rido, A., & Hibatullah, H. (2020). Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 14-34. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/69

References

Aab Abdullah Interview. (2017). Kepala madrasah.Tanggal 10-11 Mei 2017
Davis, Keith dan John W. Newstrom. 2003. Perilaku Dalam Organisasi, Jilid I, Edisi Keenam, Alih Bahasa: Agus Dharma, Jakarta: PT. Erlangga.
Efendy, H. (2018). Manajemen Pembelajaran dalam Penjaminan Mutu Pendidikan
(Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pamekasan). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 8 (2), h. 1002-1010.
Firdaus, I. C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang 2 (1), h. 51-58.
Gagne , R.M., & Briggs, L.J. (1979). Principle of Instructional Design. New Yorks: Holt Rinehart and Winston.
Hamdani.( 2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Ismail, A. I. (2009). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media.
Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia. Dinamika Penelitian 16 (1), h. 59-77.
Kegiatan Observasi. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran. Tanggal 10-11 Mei 2017.
Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 15 (1), h. 49-65.
Maryati Interview. (2017). Wakasek Kurikulum. Tanggal 10-11 Mei 2017.
Mashudi, F. (2012). Psikologi Konseling. Jogjakarta. Diva press.
Miles dan Huberman. (1992). Analisis data Kualitatif. diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Munte, B. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Poliprofesi, 10 (2), h. 66-78.
Nur Sa’adah Interview. (2017). Guru Aqidah akhlak. Tanggal 10-11 Mei 2017.
Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (3), h. 233-244.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S . (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryana, L. I & Suwarni, S. (2003). Pengaruh Pelaksanaan Peraturan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA Angkatan 1999 dan 2000. Ethos 1 (1), 29-41.
Sutrisno. (2010). Hubungan Antara Efektivitas Manajemen Pembelajaran Dan Etos Kerja Anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan Profesionalitas Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan 12 (2), h. 1-5.
Syah, M. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan Nasional.
Widanarko, D. (2014). Peran Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDIT Darul Falah Sumberjo Sukorejo Tahun 2013. [Skripsi]. Fakultas Agama Islam, Unuversitas Muhammadiyah Ponorogo.
Yulianita, N., Hamdan, Y &Astuti, S. I. 2005. Pelatihan Menjadi Guru Efektif Berdsarkan prinsip Seven Habit. Ethos 3 (1), 29-41, h. 66-84.