Korelasi Akhlak terhadap Kedisiplinan Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ai Ilis

Abstract

Kajian ilmiah ini membahas mengenai Korelasi Akhlak Peserta Didik Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana korelasi antara Akhlak terhadap kedisiplinan di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2, SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 21 Kota Samarinda tahun pelajaran 2017/2018, sejumlah 2.745 responden. Sampel yang diambil dengan teknik klaster berdasarkan letak daerahnya sebesar 96 peserta didik dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akhlak secara parsial memiliki korelasi yang sedang terhadap kedisiplinan peserta didik, dimana r = 0,245 dengan kontribusi korelasi yang sedang sebesar 24,5%. Hipotesis yang menyatakan terdapatnya korelasi yang signifikansi antara akhlak dengan kedisiplinan peserta didik terbukti dengan nilai = 5,641 pada taraf signifikansi t sebesar 0,000 (sig.t<0,05). Akhlak yang baik menuntun untuk melaksanakan kedisiplinan pada aturan yang ada, oleh karena itu penting memiliki akhlak yang baik, berprilaku dengan sebaik-baiknya dan menerapkan dalam kehidupan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilis, A. (2020). Korelasi Akhlak terhadap Kedisiplinan Peserta Didik . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 35-48. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/70

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Z. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakata: Bumi Aksara.
Daradjat, Z. (1989). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 15 (1). 49-65
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Subana, Moersetyo Rahadi & Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Riduwan. (2015). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.