Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dudun Najmudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan  keberagamaan peserta didik di SMA 1 Negeri Simpenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan di SMA Negeri 1 Simpenan. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan prinsip snowball yang  terdiri dari kepala sekolah, guru yang mengampu mata pelajaran agama, beberapa guru yang tidak mengampu mata pelajaran agama Islam, dan beberapa peserta didik. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi keberagamaan peserta didik di SMA 1 Negeri Simpenan telah teraktualisasikan dengan baik dan terprogram, baik yang dilakukan oleh sekolah sebagai institusi pendidikan yang utuh dengan kebijaksanaan yang berkaitan dengan pengembangan keberagamaan di sekolah dan berkaitan masyarakat yang dilakukan oleh Rohis (Spiritual of Islam) sebagai salah satu ekstrakurikuler sekolah khusus menaungi kegiatan keagamaan lainnya. Kesuksesan ini bisa diraih karena usaha kepala sekolah dan dukungan seluruh komunitas sekolah dengan menunjukan komitmen masing-masing yang saling terkait dan saling mendukung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Najmudin, D. (2020). Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik . Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 57-65. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/72

References

Tafsir, A. (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Miles & Huberman. (1992). Analisa data Kualitatif, diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi.
Moleong, Lexy J (2007). Metogologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, (2005). Pengembangan Kurikulum PAI Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin, Suti’ah & Ali, N. (2001). Paradigma Pendidikan Islam; upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Stark, R & Glock, C. Y. (1968). American Piety; The Nature of Religious Comitment. California: University Of California Press.
Rahmat, J. (1989). Penelitian Agama, dalam taufiq Abdullah dan Rusli Karim (ed), Penelitian Agama: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sarwono, S.W.(2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.