Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Milenial

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bagus Wicaksono Wicaksono

Abstract

Pendidikan karakter pada mahasiswa bertujuan untuk membentuk bangsa yang kuat, bermoral, bertoleran, berjiwa patriotik, dan berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang djiwai dengan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif PAI dalam membangun karakter mahasiswa dalam arus globalisasi di era milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan  kualitatif-fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipilih dengan cara purposive sampling. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang bergantung pada gadget dalam kehidupan sehari-hari dan mahasiswa dalam peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan moral dan karakter di era generasi milenial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, analisis kasus negatif, dan member checking. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil kajian, peranan Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa adalah sebagai penjaga nilai-nilai bangsa serta agama agar dapat bersinergi untuk menghasilkan cendekiawan muslim yang dapat menjadi agen perubahan dalam permasalahan bangsa dan agama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wicaksono, B. W. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Milenial. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-9. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/93

References

Arif, Arifuddin. (2008). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura.

Daulay, Haidar Putra. (2009). Historis dan Eksistensi Pesantren, Sekolah, Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Hasyim, Adelina. (2015). Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.

Hidayat, Syamsul & Wakhidah Ana Nur. (2015). Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Relevansinya terhadap Pendidikan Nasional. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam 16 (1). 93-102.

Mukhlas, Abdulloh Arif. (2020). Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Anak Milenial. At-Thufuly: Jurnal Pendidikan Anak Usian Dini, 1 (1), 66-79.

Murdiono, Mukhamad. (2010). Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moral Religius dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Ekonomi, 29, 99.

Nasir, Muhammad. (2012). Mahasiswa Islam dalam Perspektif Pendidikan Global. Hunafa: Jurnal Studi Islamika, 1, 4.

Ningsih, Tutuk. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 24 (2), 221-226.

Solihin, Rahmat. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Sains, 5 (1), 84-85.

Syarifah, Liah Siti. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Niẓāmul`Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1-21.