Studi Implementasi Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syafruddin Amir

Abstract

Kajian tentang modernisasi pendidikan di pesantren cenderung membahasmasalah reformasi, perkembangan sistem pendidikan Islam danintergrasinya pada pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untukmengkaji implementasi modernisasi pendidikan di pondok pesantren.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi,yaitu teknik menyalin dokumen atau referensi buku-buku yang berkaitandengan isi materi penelitian ini. Analisis data dilakukan bersamaan dengansambil pengumpulan data dan setelah pengumpulan data secara simultan.Langkah analisis data ini meliputi mengatur urutan data, memisahkansetiap satuan data sesuai aturan analisis terkait rumusan masalah danpenafsiran data. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa modernisasipendidikan di lingkungan pondok pesantren dilakukan dengan mendirikanlembaga pendidikan formal yang sejalan dengan kebutuhan konsumenpendidikan, tuntutan kehidupan modern, dan kebutuhan intelektual Muslimberikutnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amir, S. (2020). Studi Implementasi Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum, 1(1), 1-9. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/80