Penerapan Strategi Modernisasi Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Baca-Tulis al-Qur’an

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Enung Nurjanah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan strategi pembelajaran modernisasi bagi peserta didik dari kelas ekonomi menengah ke atas dalam menumbuhkan minat baca-tulis al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitik dengan menggunakan pendekatan fenomenologi karena berkaitan langsung dengan kehidupan, khususnya di SMA se Kota Sukabumi. Dengan pendekatan fenomenologik, diharapkan deskripsi atas fenomena yang tampak dilapangan dapat diinterpretasikan makna dan isinya secara mendalam. Berdasarkan kajian didapatka hasil bahwa strategi modernisasi merupakan kemampuan menciptakan situasi dan kondisi, komunikatif serta menyenangkan, akselerasi pencapaian tujuan, melakukan kontak dan komunikasi dengan cara-cara yang baik, tidak banyak tekanan, kemampuan mengelola faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik, keterlibatan seluluh komponen pendidikan serta kerjasama. Juga mengetahui berbagai macam hambatan untuk dicarikan solusinya dan pemahaman akan manfaat mempelajari baca tulis al-Qur-an bagi peserta didik dari kelas ekonomi menengah ke atas untuk menumbuhkan minat terhadap baca tulis al-Qur’an di SMA se Kota Sukabumi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurjanah, E. (2020). Penerapan Strategi Modernisasi Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Baca-Tulis al-Qur’an. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum, 1(1), 10-18. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/81