Penerapan Epistemologi Bayani dan Burhani sebagai Metode Pembelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rasyid Ridlo

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang epistemologi bayani dan burhani yang diterapkan menjadi sebuah metode pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan Penelitiannya menjelaskan penerapan epistemologi bayani dan burhani di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan library research yaitu dengan metode pengumpulan data pustaka, yang terdiri dari beberapa artikel jurnal dan beberapa buku selanjutnya membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Artikel ini menyimpulkan bahwa epistemologi bayani bersumber dari texs yang terdiri dari al-Quran, Hadits, dengan metode ijtihad, istinbat, istinja dan istidlal diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah pada pelajaran al-Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqh dan Sejarah kembudayaan Islam. Metode Bayani ini menjadi pondasi ilmu yang kokoh bagi peserta didik pada kegiatan belajar dimasa yang akan datang. Sedangkan epistemologi burhani bersumber dari kealaman dan kemanusiaan yang diterapkan pada mata pelajaran IPA, IPS, PPKN, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Seni dan Olahraga. Metode burhani dilakukan dengan kegiatan tradisi ilmiah melalui pengembangan ilmu yang sudah ada dan tradisi mencari temuan dari masalah disekiratnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ridlo, R. (2020). Penerapan Epistemologi Bayani dan Burhani sebagai Metode Pembelajaran. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum, 1(1), 19-37. Retrieved from https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/82