Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Helda Rina
Rendy Rinaldy Saputra
Romi Darmanto

Abstract

Kinerja guru yang baik merupakan salah satu faktor penting yang mampu menunjang mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar 1 way empulau ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresional untuk melihat sejauh mana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Jenis data yang digunakan adalah data yang diambil dari kuesioner yang kemudian menjawab responden diberi nilai. Hipotesis yang dibangun dalam penelitian ini: 1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Analisis dilakukan penyebaran kuesioner kepada 10 respondenang terdiri dari guru di sekolah tersebut, dan diperoleh hasil: 1) Motivasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap guru kinerja, dan 3) Motivasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian berimplikasi bahwa motivasi dan gaya kepemimpinan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rina, H., Saputra, R. R., & Darmanto, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31-44. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v5i1.48

References

Azwar, B. (2013). Kajian Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTA di Kecamatan Bangkinang. MENARA 12.2. 83-91.
Azwar, S. (1986). Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.
Baharudin dan Wahyudi, N. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Mc Donald, F. J. (1959). Education of Psychology. USA: Worth Publishing
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.
Kartono, K. (2004). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers
Martoyo, S. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
Mulyasa, E.(2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Ordway, T. (1951). The Art of Administration. New York: McGraw-Hill.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta