Peranan Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fenty Setiawati

Abstract

Kegiatan belajar di sekolah merupakan proses yang sangat kompleks. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki intelligence quotient (IQ) yang tinggi, nyatanya taraf intellegensi bukan merupakan satu-satu nya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan pendidikan Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat studi   pustaka   (library   research). Data-data yang dipergunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi data primer, data sekunder  dan data tertier, kemudian data-data tersebut dianalisis melalui serangkaian proses. Berdasarkan kajian, dalam Islam, kemampuan  mengendalikan emosi dan menahan diri  disebut dengan sabar dan orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya. Individu seperti ini cenderung tabah dalam menghadapi kesulitan dan ketika belajar pun menjalaninya dengan  tekun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawati, F. (2021). Peranan Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 21-30. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v6i1.88

References

Anshari, Endang Saifudin. (1986). Wawasan Islam: Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam dan Umatnya. Jakarta: Rajawali.

Agustian, Ary Ginanjar. (2001). Rahasia Sukses membangun kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Penerbit arga.

Ali, Mohammad Daud. (1998). Pendidikan Agama Islam. Jakarta. PT.Raja Grafino Persada.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Arruz Media.

Daradjat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Goleman , Daniel. (2005). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. terj Alex Tri Kantjono. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, Chalijah. (1994). Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: al-Ihklas.

Marimba, Ahmad D. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: AlMa’ Arif.

Siti Syarifah, Liah. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1-21.

Thohari, H., Rais, I & Nasma, T. (2006). Tumbuh kembang Kecerdasan Emosi Nabi. Bekasi: Pustaka Inti.