Mutu Lulusan Perguruan Tinggi ditinjau dari Kinerja Dosen dan Layanan Akademik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gilang Syahril Akbar

Abstract

Mutu lulusan perguruan tinggi merupakan hal yang esensial dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan perubahan di bidang iptek, sosial budaya, ekonomi dan politik. Oleh karena itu penting diteliti mengenai mutu lulusan perguruan tinggi dilihat dari perspektif kinerja dosen dan layanan akademik, terutama untuk menemukan fakta empiris dalam merancang peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan sampel sebanyak 211 orang mahasiswa program sarjana di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kinerja dosen dan layanan akademik terhadap mutu lulusan di STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi, sehingga mengimplikasikan bahwa untuk meningkatkan mutu lulusan di perguruan tinggi tersebut diperlukan upaya integratif yang melibatkan semua potensi sumber daya yang ada di perguruan tinggi, baik sumber daya manusia maupun sumber daya yang lainnya untuk mencapai tujuan bersama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syahril Akbar, G. (2021). Mutu Lulusan Perguruan Tinggi ditinjau dari Kinerja Dosen dan Layanan Akademik. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 31-48. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v6i1.89

References

Barnes, Bradley. R. (2007). Analysing Service Quality: The Case of Post-Graduate Chinese Students. Total Quality Management & Business Excellence, 18 (3), 313–331.

Bernardin, J. & Russel. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, diterjemahkan oleh Bambang Sukoco, Bandung: Armico.

Byars, LIyord L. dan Leslie W. Rue. (2008). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill.

Christianingsih, E. (2011). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (Studi tentang Kpemimpinan Visioner dan Kinerja Dosen terhadap Mutu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung). MANAJERIAL, 31-41.

Hati, S. W. (2013). Pengaruh Kepemimpinan dan Kinerja Dosen Terhadap Mutu Pelayanan di Politeknik Negeri Batam. IQTISHODUNA, 176-184.

Nasution., Irwan & Syafarudi. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching. Cetakan Pertama.

Kandampully, Jay. (2011). Service Management: The New Paradigm Retailing. New York: Springer Science Business Media.

Kartajaya, Hermawan. (2009). Service Operation. Jakarta: Esensi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Prasetio, Arif Partono., Fauziah, Annisa Fitri & Dindi, Darin. (2017). Lecturers’ Professional Competency and Students’ Academic Performance in Indonesia Higher Education. International Journal of Human Resource Studies 7 (1), 86-93.

Rahyasih, Yayah., Hartini, Nani & Siti Syarifah, Liah. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1). 136-144.

Siti Syarifah, Liah. (2017). Leadership Style of School Principal in Implementing Character Education. Telah dipresentasikan pada Joint Conference on Practice of International Educational Leadership and Planning Bangkok, Thailand. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Liah-Syarifah/publication/331569582_Leadership_Style_of_School_Principal_in_Implementing_Character_Education/links/5c81308e299bf1268d4147db/Leadership-Style-of-School-Principal-in-Implementing-Character-Education.pdf pada 10 Maret 2020.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R & D dan Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Syahril Akbar, Gilang. (2019). Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bagi Guru. Niẓāmul`Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04 (1), 59-79.

Syahril Akbar, Gilang. (2020). Analisis Regresi (Metode Penelitian Kuantitatif). Diakses dari https://www.academia.edu/43363557/Analisis_Regresi pada 25 Januari 2021.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.