Implementasi Model “Samarasa” sebagai Kunci Keberhasilan dalam Mengelola Sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mustiali Mustiali

Abstract

Model “Samarasa” merupakan tiga kompetensi utama yang disyaratkan untuk kepala sekolah dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya, meliputi kompetensi supervisi akademik, manajerial dan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model “samarasa” sebagai kunci keberhasilan dalam mengelola sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berupaya mendeskripsikan penerapan model “Samarasa” dalam mengelola SMP Islam Assyafi’iyah. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga kegiatan (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) yang merupakan proses siklus dan interaktif sehingga didapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan penelitia didapatkan  hasil bahwa implementasi “Samarasa” yang dilakukan oleh kepala sekolah telah memperlihatkan beberapa keberhasilan yaitu peningkatan jumlah peserta didik, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kedisiplinan warga sekolah dan perubahan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa implementasi model “Samarasa telah mampu memberikan dampak positif pada kemajuan sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mustiali, M. (2021). Implementasi Model “Samarasa” sebagai Kunci Keberhasilan dalam Mengelola Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v6i1.90

References

Asmami, Jamal Ma’mur. (2011). Tuntutan lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Pres.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 tahun 2018 tentang Tugas Pokok Kepala Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Ekosiswoyo, Rasdi. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/307656067_Kepemimpinan_Kepala_Sekolah_Yang_Efektif_Kunci_Pencapaian_Kualitas_Pendidikan pada 2 Maret 2021.

Mukhtar & Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP. Press.

Permendikbud Nomor 06 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Prasojo, Lantip Diat & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media.

Sainon, Sainon., Wahyudi & Usman, Andi. (2018). Manajemen Perubahan dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di SMA Santo Ignasius Singkawang. Diakses dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1559885&val=2338&title.

Septalina, Nuril. (tt). Kewirausahaan Kepala Madrasah Aliyah Swasta (MAS) An-Nur Pagar Jati. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/270737-kewirausahaan-kepala-madrasah-aliyah-swa-e26226b7.pdf. Pada 2 Maret 2021.

Siti Syarifah, Liah. (2017). Leadership Style of School Principal in Implementing Character Education. Telah dipresentasikan pada Joint Conference on Practice of International Educational Leadership and Planning Bangkok, Thailand. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/331569582_Leadership_Style_of_School_Principal_in_Implementing_Character_Education pada 2 Maret 2021.

Stoner, J. A. F., (1996). Management, Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice-Hall International Inc.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sekolah. Jakarta: PT. Salemba Empat.