Penerapan Manajemen Strategis pada Sekolah Berstandar Nasional berdasarkan Prinsip Covey

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Koharudin Jayadiningrat

Abstract

Penerapan manajemen strategis dan penyusunan berbagai strategi dalam pengembangan sebuah lembaga pendidikan telah mencatat keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen strtegis pada sekolah berstandar nasional berdasarkan prinsip Covey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di tiga SMP negeri  yang berstandar nasionalyaitu di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 5 di  Kota Sukabumi. Responden terdiri dari 24 orang yang terdiri dari 9 orang guru, 6 orang tata usaha, 3 orang wakil kepala sekolah, 3 orang kepala sekolah, dan 3 orang komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses pengumpulan dan analisis data dilakukan secara terus menerus melalui kroscek, cek and re-cek, analisis dan re-analisis data, sehingga akhirnya ditemukan fakta secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian, sekolah sebagai instansi yang memberi layanan publik di bidang pendidikan, dalam peningkatan mutunya dapat menggunakan sistem manajemen strategis melalui prinsip Covey dengan perspektifnya pada keteladanan dan pribadi utuh kepemimpinan sehingga menggerakan kinerja yang unggul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen strategis pendidikan bermutu di Kota Sukabumi sesuai dengan harapan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jayadiningrat, K. (2021). Penerapan Manajemen Strategis pada Sekolah Berstandar Nasional berdasarkan Prinsip Covey . NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 11-20. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v6i1.91

References

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Covey, S. M. R. (with Merrill, R. R. ). (2006). The speed of trust: The one thing that changes everything. New York: Free Press.

Irani, Ulfa., AR, Murniati & Khairuddin (2014). Implementasi Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMAN10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4 (2). 58-70.

Mulyadi. (2002). Pergeseran Falsafah Perencanaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 17 (2), 188 – 199.

Normina. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14 (26). 71-85.

Prihatin, Eka., Diana Aprilia, Imas., Permana, Johar & Siti Syarifah, Liah. (2019). Sinergitas Sekolah dengan Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha/ Industri: Sebuah Langkah Optimalisasi Pengelolaan Pendidikan Life Skill pada Siswa Disabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19 (3). 334-343.

Setiawati, Fenty. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30 (1). 57-66.

Siti Syarifah, Liah. (2017). Leadership Style of School Principal in Implementing Character Education. Telah dipresentasikan pada Joint Conference on Practice of International Educational Leadership and Planning Bangkok, Thailand. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Liah-Syarifah/publication/331569582_Leadership_Style_of_School_Principal_in_Implementing_Character_Education/links/5c81308e299bf1268d4147db/Leadership-Style-of-School-Principal-in-Implementing-Character-Education.pdf pada 2 Maret 2021.

Sukmadinata, Nana Syaodih., Jami’at, Ayi Novi & Ahman. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuwono, Sony., Skarno, Edy & Ichsan, Muhammad. (2004). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard: Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama.